Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa Fakultas Psikologi 2021 (LDKM 2021)

Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM) adalah program kaderisasi yang diselenggarakan oleh Divisi Advokasi dan Organisasai Majelis Musyawaratan Fakultas (MMF) Fakultas Psikologi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Progam ini termasuk program wajib tahunan. Kaderisasi ini digunakan sebagai bentuk pengenalan lingkungan keorganisasian dalam Lingkungan Tamansiswa. LDKM mengambil tema “Membumikan Nilai-Nilai Tamansiswa, Membentuk Kader Muda yang Mampu bersikap Trihayu “Isi dari Tri Hayu sendiri ialah Memayu Hayuning Saliro (Membahagiakan diri sendiri), Memayu Hayuning Bongso (Membahagiakan hidup bangsa), dan Memayu Hayuning Manungso (Membahagiakan hidup manusia pada umumnya). Kegiatan ini bertujuan untuk terciptanya kader-kader pemimpin yang mewarisi dan menjunjung tinggi nilai-nilai dan budaya organisai.

Rangkaian kegiatan LDKM Fakultas Psikologi 2021 dilaksanakan dengan cara Luring dan Daring. Untuk peserta Daring dalam pemaparan materi melalui google meet, meskipun dilakukan secara daring yang minim praktek langsung, Materi LDKM tetap disampaikan secara jelas dan interaktif. Sehingga besar harapan materi yang disampaikan dapat diterima oleh peserta LDKM.  Sedangkan untuk Luring kegiatan dilakukan di Desa Tinalah Kulon Progo dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Kegiatan ini dimulai Sabtu, 27 Maret 2021 hingga Minggu, 28 Maret 2021. Terdapat bebebarapa rangkaian acara pada kegiatan LDKM kali ini. Diawali dengan sambutan oleh panitia dan juga perwakilan Dekan Fakultas Psikologi yaitu Ibu Jatu Anggrani, S.Psi., M.Psi..Psikolog.

Kegiatan pertama yaitu pemberian materi “Tamansiswa dan Trilogi Kepemimpinan”, Materi ini di sampaikan oleh Mu’min Boli, materi diawali dengan menceritakan tentang perjalan hidup Soewardi Soeryaningrat. Soewardi Soeryaningrat lahir pada tanggal 2 Mei 1889. Pada usia 40 tahun beliau merubah nama menjadi Ki Hadjar Dewantara yang berarti guru besar ajaran ketamansiswaan. Serta menjelaskan Trilogi Kepemimpinan yang diperkenalkan di Tamansiswa, yaitu Ing Ngarsa Sang Tuladha (Di depan menjadi contoh), Ing Madya Mangun Karsa (Di tengahmemberi semangat), dan Tut Wuri Handayani (Di belakang memberi pengaruh) kepada peserta LDKM agar mahasiswa mampu memahami arti dari Tamansiswa dan Trilogi Kepemimpinan, serta agar mahsiswa dapat mengimplemasikan Trilogi Kepemimpinan Ki Hadjar Dewantara serta diadakan sesi diskusi untuk menambah pemahaman setiap peserta.

Rangkaian Materi Kedua yaitu “Keorganisasian”, materi ini diberikan oleh Ketua MMF Psikologi Karunia Kalifah Wijaya, dalam materinya dijelaskan bahwa organisasi merupakan suatu tempat perkumpulan orang-orang yang tersusun, terstruktur, dan tersistematis dengan berlandaskan kesetaraan cipta, rasa, dan karsa sebagai upaya untuk mencapai tujuan bersama. Sedangkan, organisasi Taman siswa adalah wadah kerjasama anggota-anggota Tamansiswa dalam mencapai masyarakat tertib, damai, salam bahagia dengan menggunakan konsepsi-konseps iajaran Ki Hadjar Dewantara, materi ini ditunjukan kepada Peserta LDKM agar mahasiswa mengetahui silsilah dan keorganisasian yang ada dalam Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa pada kegiatan ini diadakan sesi diskusi dengan membagi kelompok untuk mempererat kebersamaan serta untuk bisa saling memberikan pendapat antara peserta tentang pemahaman tentang Keorganisasian Tamansiswa.

Rangkaian Materi ketiga yaitu “Metedologi Persidangan” , Materi ini di sampaikan oleh Abrazak M Waling. Beliau menjelelaskan bahwa sidan merupakan forum formal suatu organisasi guna membahas masalah tertentu dalam upaya menghasilkan keputusan, yang akan menjadi sebuah ketetapan dan aturan-aturan yang jelas. Keputusan dari persidangan ini akan mengikat seluruh elemen organisasi selama belum diadakan perubahan. Materi ini disampaikan kepada Peserta LDKM agar Mahasiswa dapat memahami bagaimana proses, perangkat –perangkat dan tata cara dalam Persidangan. Kegiatan ini dilaksanakan juga prosesi simulasi persidangan,simulasi ini diharapkan mahasiswa lebih mampu mengetahui dalam menjalankan proses persidangan

Rangkaian kegiatan LDKM Fakultas Psikologi 2021, Minggu 28 Maret 2021 Dimulai dengan Senam yang dilakukan seluruh peserta dan panitia LDKM pada kegiatan ini untuk menyegarkan Pikiran serta tubuh para mahasiswa. Dilanjutkan Rangkaian Keempat materi yaitu “Sejarah Gerakan Mahasiswa”, Materi disampaikan ole hMaulana M. Zen beliau menjelaskan tentang sejarah gerakan yang mahasiswa lakukan sebelumnya dalam upaya menentang praktek kekuasaan rezim yang ada di pemerintahan sebelumnya, hal ini disampaikan kepada Peserta LDKM diharapkan para peserta memahami tentang sejarah gerakan mahasiswa dan mau meneruskan kegiatan tersebut untuk membela masyarakat dengan melakukan Aksi menyuarakan Asperasi dan menentang hal-hal persoalan sosial yang merugikan masyarakat serta membangkitkan kesadaran masyarakat luas.

Rangkaian Materi Kelima dan merupakan materi terakhiryaitu “ Manajemen dan Simulasi Aksi”, dalam materi kali ini Maulana M. Zen memberikan penjelasan kepada peserta LDKM tentang bagaimana cara mengatur masa aksi agar tetap terkoordinir yang sesuai rencana dan target tertentu, materiini juga membahas tentang apa saja bentuk aksi dan perangkat aksi agar peserta tidak salah dalam memahami bentuk Aksi. Dalam kegiatan ini juga terdapat Simulasi Aksi Demontrasi dengan memperagakan peran agar para peserta lebih tahu dan diharapkan lebih bisa memahami situasi dalam melakukan Aksi.