Pembekalan untuk para lulusan Fakultas Psikologi 2020

Luasnya dunia kerja menjadi tantangan tersendiri bagi sarjana fresh graduate. Berbekal ilmu yang dipunya selama menempuh study di kampus  terkadang  membuat  para sarjana baru ini merasa belum  cukup bekal untuk bersaing di dunia kerja. Mereka membutuhkan kepercayaan diri yang lebih untuk berani menghadapi kompetisi pada saat melakukan seleksi kerja di perusahaan ataupun instansi tertentu atau sekedar mendaftarkan diri sebagai langkah awal. Kepercayaan diri ini dipengaruhi oleh bagaimana para sarjana baru ini dalam memandang diri mereka sendiri atau bagaimana konsep dirinya. Terkait konsep diri ini juga salah satunya dapat dibangun dari kemampuan yang dimiliki sebagai kekuatan yang dapat dibanggakan untuk membuatnya merasa lebih baik sehingga tidak terfokus pada kelemahannya. 

Untuk menumbuhkan konsep diri yang baik sehingga dapat membangun kepercayaan diri dalam menghadapi tantangan dunia kerja maka laboratorium psikologi memberikan sebuah program dalam rangka membekali sarjana fresh graduate fakultas psikologi dengan ketrampilan alat tes dan wawancara dasar dalam dunia kerja.

Kegiatan ini dibagi menjadi 3 sesi. 

Sesi ke-1 adalah sesi dengan materi Menghadapi Seleksi Kerja Berbekal Kompetensi Sarjana Strata 1. Narasumber memaparkan materi tentang bagaimana mencari pekerjaan dengan ijazah dan ketrampilan yang dipunya seorang sarjana strata 1 sesuai dengan bidang keilmuannya tanpa harus minder. Peserta juga secara interaktif diajak untuk belajar membuat CV yang disukai oleh HRD, menjawab pertanyaan pada saat wawancara kerja, dan menunjukkwn keahlian yang dimiliki sesuai kompetensinya.

Sesi ke-2 berupa pendalaman materi Tes Grafis dan CFIT. Materi ini diberikan secara ringkas dan lebih aplikatif dalam setting seleksi kerja. Sehingga selaku tester, peserta dapat melakukan analisa secara cepat dan akan menjadi ketrampilan yang dapat diunggulkan ketika melamar pekerjaan.

Sesi ke-3, materi MBTI, PAPI KOSTIK dan BEI. Materi ini berupa alat tes kepribadian melalui softwere sehingga peserta  dapat mengerjakan dan menganalisa tes kepribadian klien dengan cepat. Hal ini juga dapat mnjadi daya daya tawar yang tinggi para peserta pada saat melamar pekerjaan. Peserta juga diajarkan membuat daftar pertanyaan sesuai dengan kebituhan sebuah jabatan atau profesi.