Fakultas Psikologi UST

Kegiatan Fakultas Psikologi UST selama Masa Tanggap Darurat COVID-19

Berdasarkan Surat Edaran Rektor UST Nomor 89/UST/Rek/2020 tentang pengaturan kegiatan caturdharma selama pandemi wabah COVID-19 di UST, maka kegiatan perkuliahan dan kantor dilaksanakan dari rumah. Seluruh sivitas akademika Fakultas Psikologi UST juga melaksanakan rapat koordinasi, perkuliahan, ujian, hingga pelayanan melalui media online. Media online yang digunakan mayoritas adalah portal akademik, google meet, zoom, dan grup Whatsapp. Secara keseluruhan pelaksanaan bekerja dan kuliah dari rumah dapat berjalan lancar, namun masih terdapat beberapa kendala baik dari pamong, tenaga kependidikan, maupun mahasiswa. Fenomena COVID-19 menimbulkan dinamika di kalangan sivitas akademika, seperti : adaptasi akademik, stres di masa pembatasan sosial, maupun keluhannya. Oleh sebab itu Fakultas Psikologi UST melalui CRCD (centre Research & capacity development) memiliki beberapa program, salah satunya adalah Konsultasi Online Gratis, bekerja sama dengan alumni. Program Konsultasi Online Gratis ini dimulai sejak akhir Maret 2020 dan hingga saat ini telah melayani beberapa klien baik dari dalam UST maupun luar UST. Untuk rekan-rekan semuanya jika ingin berkonsultasi atau sekedar bercerita silahkan bisa hubungi Fakultas Psikologi UST melalui CRCD.

Pandemi COVID-19 telah mengubah persepsi, kebiasaan dan perilaku kami di lingkungan fakultas Psikologi. Proses tatap muka secara langsung yang biasa kami lakukan berubah menjadi tatap muka online. Hal ini mendatangkan dampak baik positif maupun negatif. Sisi positif yang bisa kami ambil adalah kami mempelajari banyak hal baru dalam proses perkuliahan. Sisi negatifnya pada saat proses perkuliahan banyak mahasiswa yang tidak ikut karena alasan sinyal dan kouta. Karena adanya banyak sekali sisi positif dan negatif fakultas psikologi aktif untuk membuat sebuah layanan psikologis.

Layanan ini dipelopori oleh dosen-dosen Fakultas psikologi dibawah naungan CRCD (centre Research & capacity development) memberikan layanan psikologis gratis kepada seluruh sivitas UST dan masyarakat yogyakarta untuk bercerita, bertukar pendapat sampai dengan curhat hal-hal apa saja yang dirasakan selama ini terhadap pandemi COVID-19. Sabtu 11 April 2020 fakultas psikologi pun mengadakan acara “Bincang Santuy Bareng Psikolog” yang diadakan melalui aplikasi hangout meet dengan Psikolog, Ibu Titisa Balerina. M.Psi.,. Kegiatan ini bertujuan agar sivitas UST mendapatkan informasi sejelas-jelasnya mengenai COVID-19 dan tetap bahagia secara jasmani dan rohani walaupun ditengah badai pandemi ini. Selain itu terkait dengan Ujian Skripsi, Fakultas Psikologi atas hasil rapat hari rabu 15 April 2020 memutuskan bahwa tetap melaksanakan ujian skripsi dengan beberapa Standar Operasional Prosedur (SOP). Hal ini dimaksudkan untuk membantu mahasiswa dalam proses penyelesaian tugas akhir melalui ujian skripsi online

Humas Fakultas Psikologi