Seminar Nasional (Narrative Therapy)

Sabtu, 9 September 2017 jam 08.00-12.00 WIB bertempat di
Dewantara Convention Room Kampus Kebangsaan Universitas Sarjanawiyata
Tamansiswa. Seminar Nasional dengan tema Narrative Therapy, pembicara Dr.(c).Setiawati Intan Savitri, S.P. M.Si (dosen fakultas psikologi Mercubuana Jakarta).

Narrative Therapy merupakan salah satu teknik terapi untuk mengelola emosi-emosi negatif seperti perasaan sedih, cemas, dan marah. Ini merupakan salah satu cara dalam dunia psikologi untuk membantu klien atau individu untuk mengekspresikan perasaan yang sedang dialami dengan cara yang lebih adaptif sekaligus kreatif, cara ini juga dapat meningkatkan kemampuan regulasi diri. Individu yang mampu meregulasi diri secara perlahan bisa mengontrol emosi dengan baik dan melakukan refleksi terhadap hal-hal sulit yang sedang dialami oleh individu tersebut.

Teknik terapi dengan cara menulis ekspresif juga dapat meningkatkan imunitas individu,
meningkatkan respon antibody yang mana secara tidak langsung individu yang senang dan mau menuangkan masalah dengan cara menulis secara psikologis mereka akan lebih sehat dan tentu kesehatan yang secara fisik akan mendukung dikemudian hari.

Cara ini juga dapat meningkatkan kemampuan secara kognisi dengan menuangkan ide-ide
kreatif pada diri seseorang. Harapan kami dengan terwujudnya pelatihan ini bisa menjadi
solusi untuk membantu individu dalam memecahkan masalah dengan cara yang lebih positif.

Maksud diadakannya kegiatan ini adalah memberikan pelatihan menulis ekspresif untuk menyembuhkan juga memperkenalkan cara lain untuk melepaskan emosi negative ke dalam tulisan. Tujuan yang ingin dicapai dari adanya Seminar narrative therapy adalah bagaimana mengekspresikan sebuah masalah dengan cara kreatif, bagaimana cara teknik menulis untuk meredakan emosi negatif dalam diri serta meningkatkan kesehatan secara psikologi dan fisiologis.